Sunday 13 September 2015

BAGUETTE ROTI TRADISIONAL PRANCIS JADI LOGO GOOGLE HARI INI

Google memilih Logo (doodle) roti Baguette hari ini, sebagai ucapan selamat atas 22 Tahun aturan pengolahan roti Baguette yang di keluarkan oleh pemerintah Prancis tanggal 13 September 1993. Bagaimana saya bisa tau? Karena di bagian atas doodle google hari ini terdapat tulisan "Decret Paint". 


Aturan itu menyebutkan bahwa para perajin roti Baguette harus mematuhi semua standar pembuatan Baguette, yang paling utama adalah Baguette hanya boleh dibuat dari 4 bahan. Antara lain, tepung gandum, air, garam, dan ragi. Para pengrajin juga dilarang keras menambahkan bahan pengawet, zat adiktif, atau membekukan Baguette. Alhasil, roti Baguette selalu dikenal dijual 'fresh-baked' dan hanya bisa bertahan kurang dari 24 jam.



Baguette memiliki bentuk khas dan unik. Panjangnya secara umum mencapai 65 centimeter dengan diameter 5 hingga 6 centimeter. Teksturnya agak keras di bagian luar, tetapi bagian dalamnya tetap lembut. Baguette awalnya tidak merujuk pada jenis roti tertentu hingga 1920. Penggunaan kata baguette condong pada makna ‘tongkat’ seperti pada frasa baguette magique (tongkat sihir) atau baguette de direction (tongkat dirigen).
Dari sekian kisah unik tentang baguette, yang paling menarik adalah saat kualifikasi Euro 2016 lalu. Ketika itu Austria memastikan diri lolos ke Prancis. Dan sebagai tanda kepuasan, pelatih Austria, Marcel Koller mengenakan topi baret khas Prancis sembari melahap baguette dalam konferensi pers.
Jika kita perhatikan, sering juga roti ini tampil dalam film-film di luar negeri, bahkan kita juga bisa lihat di toko roti yang ada di mall seperti di Hypermart ato Toko roti bagel-bagel yang berada di daerah Kemang.
Oke sekian dari saya makasih udah berkunjung, semoga bertambah ilmunya dan silakan coment link blog ato apapun itu saya siap menerima dan respont. hehehe ...


Sumber : merdeka.com dan sidomi.com

0 komentar:

Post a Comment

 
;